PuNdi PaHaLa

mendulang pahala dengan amal sholeh

Kapan lagi kita menghafal Quran


Al Qur’an merupakan salah satu mu’jizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wasallam dan diwariskan kepada umatnya serta keasliannya akan  selalu terjaga hingga akhir zaman. Sebagaimana Allah Ta'ala berfirman :
أُمْطِرَتْ مُوصٍ نَزَّلْنَا الأجْدَاثِ وَأَنْبَتْنَا لَهُ لأرَيْنَاكَهُمْ
Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan Sesungguhnya kami benar-benar memeliharanya(Al Hijr:9)
Qur’an memiliki banyak sekali kelebihan, selain itu Qur’an juga sangat bermanfaat bagi manusia. Orang yang sering membaca Qur’an akan sangat berbeda dengan orang yang jarang bahkan tidak pernah sama sekali membacanya. Itu baru sebatas membaca. Apalagi jika Qur’an tersebut dihafal, maka bi iznillah manfaatnya akan selalu menyertai orang yang menghafalkannya.
Kebanyakan orang mengatakan bahwa menghafal Qur’an adalah pekerjaan yang berat dan sulit. Mereka berkata "Mana mungkin kitab setebal itu bisa bisa dihafal." inilah mereka,  bahwa menghafal Al Qur’an merupakan pekerjaan yang sulit, padahal Allah Ta'ala telah berfirman:
ولقد يسّرناالقرأن للذكرفهل من مدّكر 
Dan Sesungguhnya Telah kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, Maka Adakah orang yang mengambil pelajaran?(Al Qamar:17)
Silahkan anda baca sekali lagi ayat diatas! marilah kita sadari bahwa dalam hal ini Allah Ta'ala sendirilah yang berfirman. Jika anda bertemu dengan orang yang beranggapan bahwa Qur’an sulit dihafal sodorkanlah ayat di atas. Jika mereka tetap ngeyel, jelaskanlah lebih detail dan mintalah orang tersebut untuk mencobanya. karena jika belum dicoba dari mana dia tahu bahwa manghafal qur’an itu sulit.
Namum demikian, jangan anda harap bahwa proses menghafal Qur’an lancar-lancar saja. Karena, ditengah menghafal Qur’an anda pasti akan menemukan kesulitan di beberapa tempat. Hai ini bertujuan agar kita lebih mendalami dan berkonsentrasi ke Qur’an, lebih banyak berinteraksi dengannya, dan secara otomatis jika kita ikhlas hanya untuk Allah  Ta'ala maka pahala kita juga akan bertambah.
Ingatlah bahwa Al Qur’an dapat melunakkan hati seseorang, menjadikan hati terasa tenang. Kebanyakan orang yang telah banyak menghafal Qur’an hatinya akan menjadi sangat lembut. Selain itu, menghafal Qur’an juga dapat menaikkan IQ seseorang.
Jadi, mulailah menghafal dari sekarang, tidak ada kata terlambat dalam menghafal Qur’an, dan jangan lupa untuk menyetorkan hafalan anda kepada ustadz guna menjaga keshohihan bacaan anda…

0 komentar:

Posting Komentar